Indonesia Move on

Kita tidak boleh diam berpangku tangan. Apapun kondisi yang terjadi hari ini, kita harus melangkah ke depan. Apapun keadaan yang sedang menerpa Indonesia, mari kita bergerak, mari kita berubah. Mari kita berpindah, dari keadaan yang semula kurang baik, menuju keadaan yang lebih baik. KataIndonesia Move On, mewakili arti ajakan bersama-sama, untuk meninggalkan kondisi Indonesia sekarang menuju keadaan yang lebih baik. Tinggalkan masa lalu yang suram, songsong masa depan yang cerah.

Angka kemiskinan Indonesia yang masih tinggi, harus kita kikis sampai sekecil-kecilnya. Angka kemiskinan Indonesia pada tahun 2013 adalah 11,37 %, kita harapkan angka kemiskinan pada tahun 2020 hanya sebesar 5%. Pendapatan perkapita Indonesia pada 2013 adalah USD 3650, kita harapkan pendapatan perkapita pada 2020 adalah sebesar USD 8000.

Kesenjangan ekonomi yang masih melebar, harus kita upayakan agar tingkat kesejahteraan masyarakat lebih merata. Koefisien gini rasio Indonesia (sebagai pengukur tingkat kesenjangan) pada tahun 2013 adalah 0,413. Kita harapkan koefiesien gini rasio pada tahun 2020 adalah sebesar 0,25. Jumlah pengangguran di Indonesia harus terus kita kurangi secara signifikan. Angka pengangguran di Indonesia pada tahun 2013 berjumlah 7,39 juta jiwa, kita harapkan angka pengangguran pada tahun 2020 bisa mencapai 3,5 juta jiwa.

Kalau kita melihat tingkat akses pendidikan masyarakat Indonesia, kita bisa mengukur dari angka partisipasi kasar (besarnya prosentase yang mengikuti pendidikan dibandingkan potensi jumlah jiwa pada tingkatan usia tersebut). Angka partisipasi kasar pendidikan SMA pada tahun 2013 sebesar 54%, kita harapkan angka partisipasi kasar SMA pada tahun 2020 bisa mencapai 90%. Angka partisipasi kasar perguruan tinggi tahun 2013 adalah sebesar 18,7 %, kita harapkan angka partisipasi kasar perguruan tinggi pada tahun 2020 bisa mencapai 50%.

Kita juga harus menjadikan pemilu 2014 sebagai wahana untuk memperbaiki bangsa dengan memilih pemimpin berkualitas. Kita harus memilih presiden yang mampu mengantarkan bangsa Indonesia pada perbaikan yang substansial. Memilih pemimpin Indonesia adalah bagian dari upaya kita dalam memperbaiki bangsa secara nyata.

Kita juga akan menghadapi ajang sepakbola piala dunia pada bulan Juli nanti. Mari kita jadikan ajang sepakbola piala dunia ini sebagai inspirasi untuk memperbaiki sepakbola Indonesia. Jika saat ini prestasi sepakbola Indonesia baru diperhitungkan pada tingkat Asia Tenggara, kita harus memperjuangkan agar masuk menjadi tiga besar Asia. Untuk selanjutnya kita harapkan Indonesia bisa lolos ke ajang Piala Dunia 2022.

Segala unsur negatif yang melekat pada bangsa Indonesia harus dikurangi. Peredaran narkoba dan minuman keras harus ditekan sekecil-kecilnya. Pornografi dan kekerasan seksual juga harus diminimalisir sehingga tidak berdampak buruk bagi bangsa. Korupsi harus diberantas sampai tuntas, sehingga uang negara bisa diselamatkan. Dengan uang negara yang bisa diselamatkan, maka uang tersebut dapat digunakan untuk membiayai pembangunan dalam rangka menyejahterakan rakyat.

Mari kita semua berkontribusi dalam memperbaiki bangsa. Mari kita semua ambil bagian dalam kerja bersama menggerakkan Indonesia Move On. Ini adalah sebuah perjuangan bersama untuk mewujudkan Indonesia cemerlang.

//www.dompetdhuafa.org/post/detail/56/indonesia-move-on