Ekonom Ini Ungkap Cara Efektif agar Penyaluran Subsidi LPG 3 Kg Tepat Sasaran

Pekerja menata tabung gas elpiji 3kg di Jakarta, Senin, 26 Desember 2022. Wacana pemerintah menerapkan mekanisme tertutup untuk penyaluran liquefied petroleum gas (LPG) ukuran 3 Kg pada 2023 kian jelas. Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.COJakarta – Direktur Institute for Demographic and Poverty Studies (IDEAS) Yusuf Wibisono, mengatakan kebijakan pemerintah soal persyaratan KTP untuk pembelian LPG (Liquefied Petroleum Gas) 3 kg bukan solusi yang berkeadilan. Dia mengusulkan cara lain yang bisa dilakukan untuk mengarahkan penyaluran LPG 3 kg agar tepat sasaran.

“Cara yang lebih efektif dan berkeadilan untuk menekan beban subsidi LPG 3 kg sebenarnya adalah dengan pembangunan jaringan gas untuk rakyat secara masif,” ujar Yusuf ketika dihubungi Tempo, Kamis, 4 Januari 2024.

Menurut dia, pipanisasi gas akan menghasilkan efisiensi yang signifikan dalam distribusi LPG ke masyarakat dibandingkan melalui tabung gas seperti selama ini.

Yusuf menjelaskan, setidaknya akan ada tiga keuntungan besar yang diraih dari pipanisasi gas. Pertama, masyarakat akan membayar dengan harga yang lebih murah, baik itu untuk konsumen LPG non subsidi maupun LPG subsidi.

Kedua, yakni turunnya beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk subsidi LPG, dan ketiga, turunnya ketergantungan RI pada impor LPG. “Pipanisasi gas ini sekaligus menghemat devisa yang akan mengokohkan stabilitas kurs rupiah,” tuturnya.

Selama ini, kata Yusuf, gas alam RI yang berlimpah lebih banyak diekspor dalam bentuk LNG (liquefied natural gas). “Hanya untuk kemudian kita impor lagi dalam bentuk LPG,” ucap dia.

Jika pemerintah serius membangun pipa jalur distribusi dan pemasaran gas untuk konsumsi domestik disertai peningkatan kapasitas kilang, maka Indonesia berpotensi menghasilkan efisiensi dan manfaat ekonomi yang signifikan dari turunnya marjin pengangkutan dan harga gas.

“Namun kita lebih suka mengimpor LPG. Hanya mafia impor gas yang tidak menghendaki adanya reformasi pipanisasi gas dan pembangunan jaringan gas untuk rakyat ini,” ujarnya.

Adapun per 1 Januari 2024, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mewajibkan pembeli LPG bersubsidi  3 kg untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu di subpenyalur atau pangkalan resmi Pertamina. Hanya masyarakat yang mendaftar di pangkalan data yang dapat membeli tabung tersebut.

Adapun, konsumen berhak menggunakan LPG 3 kg, yakni rumah tangga, usaha mikro, nelayan sasaran, dan petani sasaran.

Sumber :https://bisnis.tempo.co/read/1817497/ekonom-ini-ungkap-cara-efektif-agar-penyaluran-subsidi-lpg-3-kg-tepat-sasaran